Tulisanku di Majalah Ananda era 80an

Hiks...
gatau kenapa jadi melow lagi ketika inget ternyata sewaktu aku kecil pernah nulis cerita untuk anak2, judulnya: "Sepatu ARIE".

Ceritanya tentang seorang anak kecil, yg namanya Arie, kepengen banget punya sepatu baru karena temen2nya pada punya sepatu bagus2. Tp dia tau gak bakalan dibeliin karena sepatunya masih ada dan masih bagus dalm arti gak rusak. Arie udah nanya ke ibunya dan ibunya bilang baru bisa beli baru kalo sepatunya rusak.. yaa..namanya anak2 dah ngebet banget pengen punya sepatu baru yg modelnya lebih uptodate tiba2 terbitlah ide utk "merusak" sepatu itu dengan harapan akan dibelikan yg baru... Akhirnya pada satu kesempatan si Arie kecil merobek sepatunya dan pulang kerumah dengan menangis serta merta mengatakan klu sepatunya dah jebol...
Tapi jelas sang Ibu mengetahuinya.. dan akhirnya end up dengan si Arie yg harus pakai sepatu robeknya ke sekolah...huhuhu... pelajaran buat si kecil Arie..

Cerita ini aku gak inget persis nulisnya kapan, tapi kira2 ketika itu aku masih kelas 5 or 6 SD (kira2 era 84-85 an) dan aku kirim ke majalah anak ANANDA. Yah syukur2 bisa dimuat dan dipublikasikan, dapet honor buat nambah2 jajan...hehe... tapi sayang.. setelah nunggu begitu lama tak ada kabar berita dari pihak majalah Ananda akhirnya putuslah harapan dan semangat si penulis junior ini. Setelah bolak balik toko buku dan lapak yg jual majalah tersebut untuk ngecek apakah tulisanku ini dimuat (soalnya kala itu aku gak berlangganan majalah Ananda-gak cukup anggaran utk berlanganan majalah..heheh). Akhirnya tersadar dan menguatkan hati saja..mungkin belum waktunya tulisanmu dimuat nak..batinku selalu...

Sampai ketika aku SMP kelas 1 or 2, seorang teman yg bernama Enny (gapapa ya bu namamu kusertakan..) memberitahuku klu adiknya memiliki majalah Ananda dengan gambar cover dari cerita yg pengarangnya adalah namaku! Itu adalah cerita pertama dan satu2nya milikku yg kupikir bahkan gak pernah nyampe ke redaksi majalah ANANDA! Boro2 dapet honor.. bahkan pemberitahuan klu ceritaku dimuat pun...TIDAK PERNAH!!

Aku sungguh terharu dan sangat berterima kasih pada Enny karena berkat dialah aku jadi tau sebenernya aku yg baru berusia 11-12 tahun kala itu tulisanku ternyata bisa dimuat di majalah dan dipublikasikan...!!! Betapa banggganya...betapa senangnya...!!

Hanya saja sampai sekarang aku masih belum bisa terima dan ngerti kenapa pihak majalah Ananda tidak pernah memberi notifikasi kepadaku ketika ceritaku itu dimuat...setidaknya utk memberi sedikit semangat untuk tangan kecilku utk terus menulis...dan menulis...
dan jujur, semenjak kekecewaan terhadap majalah Ananda tersebut, menjadikan kegemaranku akan dunia tulis menulis cerpen dan puisi jadi semakin menyusut..menyusut...

Kiranya tulisan ini bisa memberi sedikit motivasi bagi kita arti pentingnya penghargaan yang kita berikan sekecil apapun terhadap karya2 anak2 kita... untuk tetap menyemangati mereka!!

Luv u all!!

AKU - Yg mulai nyoba bangkit bwt nulis lagi...

Jakarta, 13 April 2010
16.24

Komentar

  1. salah satu majalah favorit waktu kecil,,mampir juga di blog saya :
    http://zonadjadoel.blogspot.com
    trims

    BalasHapus
  2. selain ananda aku pun diera 80an ( 85-89) sering beli majalah Kawanku dan Bobo di kios koran/majalah yg ada didekat sekolah SDku di penjaringan jakut. masa2 indah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LUPUS, Tokoh Fenomenal Di Jamannya - 10 Hal Yang Paling Khas Pada Lupus!

Puisi BJ habibie untuk calon bidadari surga

Jenjang Karir yang PASTI dan JELAS dari ORIFLAME