LUPUS, Tokoh Fenomenal Di Jamannya - 10 Hal Yang Paling Khas Pada Lupus!

novelmu.com

Kamu anak angkatan tahun '80-'90 an? Pasti kenal dong tokoh novel rekaan penulis bertangan dingin Hilman Hariwijaya ini: LUPUS.

Bukan nama sebuah penyakit, bukan juga nama serigala. Tapi nama LUPUS berasal dari nama gugusan bintang dalam astronomi yang kemudian dilekatkan pada tokoh muda yang sangat fenomenal di era itu oleh pengarangnya.

Lalu, apa yang kamu ingat bila mendengar nama Lupus?

Berikut ini adalah 10 Hal Yang Paling Khas Pada Lupus:

1. Permen Karet
Katanya, kalau ada cowok remaja, seorang pelajar SMA sedang bersandar di tembok dengan kaki disilangkan dan tangan bersedekap di dada, dan makan permen karet, bisa dipastikan itu LUPUS!
Lupus yang digambarkan tidak pernah lepas dari permen karetnya, bahkan pernah "memaksa" Ibu Kantin untuk selalu sedia barang ini di kantin sekolahnya.

metrotvnews.com

2. Rambut Gondrong dengan Jambul 
Yang khas lainnya adalah potongan rambut gondrong dengan jambul ala John Taylor, salah seorang personel band Duran Duran yang sangat digandrungi di era tahun 1980-an.
Model rambut semacam ini, kemudian sempat menjadi tren di kalangan remaja kala itu. Walaupun tokohnya sendiri, si Lupus, terpaksa harus selalu main kucing-kucingan dengan guru BP yang rajin merazia rambut siswa yang gondrong.

metrotvnews.com

3. SMA Merah Putih
Nah, inilah nama sekolah Lupus. Tempat dimana romantika Lupus dan teman-temannya dikisahkan. Kisah cinta dan persahabatan yang ringan dan ngangenin banyak terjadi di sekolah ini.

4. Ngocol
Kalau menyebut Lupus, pasti langsung inget dengan gaya banyolannya yang khas. Ngocol dan metropolis banget. Tak heran gaya bicaranya yang ceplas-ceplos membuat karakter Lupus menjadi sangat istimewa untuk selalu dinantikan.

5. Gusur, Boim, Fifi Alone
Ini nama sahabat-sahabat Lupus yang setia banget berteman sama makhluk manis nan humoris semacam Lupus. Banyak cerita kocak yang terinspirasi dari kisah para sahabat Lupus ini.

6. Lulu
Adik semata wayang Lupus yang manja dan centil juga jahil seperti Lupus. Lulu suka gonta-ganti pacar makanya pacarnya banyak. Salah tiga pacarnya adalah Drakuli, Bule dan Kevin. Cewek ini juga terobsesi untuk menjadi penyanyi.


7. Poppy

Pacar pertama Lupus. Poppy memiliki casing yang cantik, pintar dan hampir bisa dikatakan sempurna. Karena kepintarannya, sempat diberi kesempatan menjadi siswi yang mengikuti pertukaran pelajar di luar negeri.



8. Bijaksana bijaksini
Sekalipun penuh humor dan romantika remaja, namun novel Lupus ini sarat dengan pesan moral yang patut diacungin jempol. Lupus sekalipun "bandel" tapi selalu punya alasan logis dan baik dibalik setiap tindakannya. Jadi novel ini tidak hanya menyuguhkan kesegaran ceritanya, tapi juga sekaligus mengedukasi pembacanya dengan cara yang ringan tanpa menggurui.

deskgram.org/ryanhidayatofficial
9. Majalah Hai
Dalam kisah Lupus, diceritakan remaja ajaib ini memang selain bersekolah, juga bekerja paruh waktu di majalah remaja yang ngetop kala itu, HAI. Disana Lupus, seperti halnya juga Hilman bekerja sebagai penulis cerita di sebuah kolom khas remaja

10. Ryan Hidayat
Dalam perkembangannya, setelah novel Lupus dikenal dimana-mana dan sempat naik cetak sebanyak 3,8 juta eksemplar atau lebih dari tiga puluh lebih buku novel Lupus yang telah diterbitkan, muncullah film Lupus. Film yang menjawab kerinduan pembaca untuk melihat sosok nyata dari tokoh remaja paling fenomenal di era tahun 80-90 an itu. Dan Almarhum Ryan Hidayat, dipercaya dan sangat pas memerankan tokoh ngocol idola remaja itu.

metrotvnews.com

Begitulah, 10 Hal Yang Paling Khas Pada Lupus, tokoh rekaan seorang introvert dan pendiam tapi sangat jenius macam Hilman Hariwijaya. Tokoh novel yang sempat booming pada tahun-tahun dimana gadget dan hal-hal semacamnya masih belum sepopuler seperti sekarang ini.

Kalau kamu, apa yang paling kamu ingat dari LUPUS?

 
LR / 190418


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi BJ habibie untuk calon bidadari surga

Terbiasa menghabiskan uang untuk beli kosmetik dan toiletriesmu??? SAATnya berubah sekarang!!