TARIK TUNAI DI ATM BCA POINS SQUARE, UANGNYA KURANG???

bankinfosecurity.com

Kejadian yang sangat menguji kesabaran ini terjadi kemaren siang, Minggu, 26 Januari 2013.
Sepulang gereja, saya berniat mengambil uang di ATM BCA Poins Square, Lebak Bulus, jaksel.

Saya melakukan tarik tunai 3x di 2 mesin atm yang berbeda. Pertama, saya menarik tunai di atm dengan pecahan 100rb sejumlah 2,5juta dan selanjutnya saya pindah ke atm dengan pecahan 50rb dengan 2x penarikan masing2 1,250juta.

Seperti biasa, tentunya saya tidak menghitung lagi jumlah uang yang saya terima dari atm, karena itu tempat umum yang terbuka dan tentunya akan memancing tindak kejahatan apabila dilakukan.
Dan juga karena selama ini memang tidak pernah (belum) bermasalah dengan atm BCA.

Ketika sampai dirumah, barulah saya hitung kembali uang tersebut. Sudah lebih dari 5x saya hitung, bahkan suami saya minta bantuannya menghitung juga dan ternyata uang yg saya terima benar2 kurang 100rb!

Kemungkinan missing ini terjadi pada transaksi ke-2 dan ke-3 ketika menarik dari mesin atm pecahan 50rb, karena uang dari atm pecahan 100 rb genap jumlahnya sebesar 2,5jt.

Saya berharap mudah-mudahan yang terdebet di rekening sesuai dengan jumlah uang yang saya terima, ternyata tidak. Setelah mengetahui uang saya terima kurang, saya langsung mengecek saldo melalui internet banking BCA, karena pada saat penarikan uang, struk sama sekali tidak keluar! Dan hasilnya seperti perkiraan saya, uang saya terdebet sesuai jumlah yang saya pilih bukan yang saya terima! Jadi yang terdebet di rekening saya total 5juta sementara yang saya terima hanya 4,9juta! :'(

Saya sudah sering dengar beberapa orang pernah mengalami kejadian spt ini, tp untuk menguatkan sayapun mulai tanya2 ke mbah gugel.

oalaaahh.. ternyataa benaarr...!! banyak sudah yang mengalami kejadian seperti saya, dengan nominal berbeda-beda. Saya cukup beruntung hanya 100rb (walaupun tetap aja gak rela :( ), ada bahkan yang
sampai 2juta terdebet padahal uang gak keluar! bahkan ada pula yang menerima uang palsu! huaa.. sungguh sangat mengerikan ya!!
Namun sangat disayangkan tanggapan dari pihak BCA yang sama sekali tidak memberikan solusi! Bahkan kebanyakan nasabah hanya digantung tanpa kepastian apalagi pengembalian uang!!

Menurut teman-teman, apa yang kira-kira bisa dilakukan ya?

Secara memang posisi kita sebagai nasabah SANGAT SANGAT LEMAAH:

1. karena alasan keamanan kita jarang sekali menghitung kembali uang yang diterima dari mesin atm apalagi mengecek apakah uang itu asli apa palsu. Kalau hanya ngambil 100-300 rb mgkn langsung ketahuan kalo kurang, tapi kalau sampai jutaan ??

2. kita tidak tau pada transaksi keberapa uang yang kurang diterima tadi, karena uang memang tidak langsung dihitung ketika terima dari atm. Ini juga (katanya pihak BCA via Halo BCA) menyulitkan proses investigasi, sehingga katanya laporan tidak bisa diproses bila tidak tau. Gombal!
(padahal BCA adalah bank besar, masak iya melacak 1-2 transaksi aja gak bisa klo memang bener2 niat sih pasti bisa deehh..)

3. kita tidak punya bukti yang kuat yang menyatakan memang uang yang diterima KURANG dari atm bca! Atau bahkan kita tidak terima sama sekali karena uang tidak keluar padahal rekening tetap terdebet! Kita gak punya saksi, bagaimana bisa meyakinkan pihak BCA kalau uang benar-benar kurang diterima dari atm dan bukan tercecer dijalan??

Apakah akhirnya kita hanya bisa legowo aja, nrimo aja, iklass ajaa???

Yang duitnya kurangnya 100rb an aja mungkin masih bisa legowo. Anggap aja uang hilang, ketimbang ngurus ke BCA yang belum tentu duitnya bisa balik, tapi yang sudah pastinya menguras pulsa telpon dan waktu, tenaga juga emosi yang worthed lebih dari 100ribu!

Tapi yang duitnya ilang sampe sejutaan lebih apa kabarnya ya??

Buat temen-teman yang pernah punya pengalaman seperti ini, share dong storynya berikut tindakan dari pihak BCA nya gimana ya..

Semoga bermanfaat buat teman-teman yang lain, dan kalau kejadian ini semakin banyak yang mengalami, mungkin baiknya kita tutup rekening kita bareng-bareng di BCA yuuk.. kita pindah aja ke bank lain yang lebih bisa menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi nasabahnya!

Komentar

  1. BNI jg mbk..hati2..td sore gua ambil 1,5 yg kluar 1,4 jt tanpa struk! Atm BNI alfamart prempatan duren pamulang

    BalasHapus
  2. Saya barusan mengambil uang di atm bca juga, 10 jt yg sy terima 9.900.000, benar2 mengecewakan sekali

    BalasHapus
  3. pengalaman ini br aja trjadi kmrn saat sy cek gajian pas sy tarik 600rb tp knpa malah kurang ya uangnya selembar pecahan 100rb.. huftt jd pusing pdhl sy ga merasa uang itu ada yg jatuh/tercecer

    BalasHapus
  4. Saya ambil uang di atm BRI tapi jumlahnya kurang 200ribu. Baru aja kemarin. Ternyata baik antar bank ataupun di bank sendiri bisa terjadi seperti ini.

    BalasHapus
  5. Waahh ternyata teman-teman Semua mengalami hal yang sama dengan saya ya..
    Saya pikir hanya BCA saja, tapi ternyata BNI Dan BRI juga ya...
    Semoga kedepannya manajemen perbankan bisa mwmperbaiki hal ini agar Nasabah tidak dirugikan.

    BalasHapus
  6. ini sudah kali kedua saya tarik atm selisih 300 rb, tapi tahunya sudah di jalan
    asem

    BalasHapus
  7. Kmaren mama saya ambil uang di atm 4jt dengan 2x transaksi, setelah dihitung selisih 200rb

    BalasHapus
  8. bulan juli 2016 saya tarik 2 x 2,5jt di ATM BCA, terselip 1 lembar uang 5rb. sudah lapor halo BCA diminta simpan uangnya dan datang ke bank`
    Saya baru sempat ke bank hari ini tapi ternyata prosedur berbelit2, harus telp ke halo bca lagi, ke kantor cabang utama dan entah apa lagi yg dilakukan CS di belakang counternya. Buang waktu saya 1 jam tanpa hasil. akhirnya saya minta balik uang 5rb nya buat bayar parkir... nasib...
    menunggu saat dimana belanja di warung sudah bisa transaksi cashless, lebih aman kan.. tapi kapan yak hahaha

    BalasHapus
  9. Sy pernah ambil narik 200 pas sy lihat transaksinya 300 dan sy bingung kenapa ya dan sampe sekarang tanda tanya

    BalasHapus
  10. Sy narik 1250rb 2 kali. Total harusnya 2500rb. kenapa jumlahnya 2400rb. Gondok. Atm bca diindomart jl. Durian bogor. Harus ikhlas apa gimana?

    BalasHapus
  11. Saya barusan narik 5.6 juta
    Tetapi yang di terima 5 juta 950rb

    BalasHapus
  12. Hari minggu kemarin sy ad penarikan tunai di atm bca daerah btc tarik 2jt, pecahan 100rb tanpa hitung lg pas sampai rumah terselip pecahan 50rb satu lembar sungguh kecewa penanganan bca

    Thx

    BalasHapus
  13. Kasus yang sama juga ...kemarin saya tarik uang di atm BCA karna BNI sedang tidak bisa...maksud hati ingin mengambil 900 000...karna sudah percaya saja sya tidak menghitung lagi,,,ehh sampai drumah uangnya cuma 500.000...

    BalasHapus
  14. Blm ada solusi, sama sama ga ada solusi

    BalasHapus
  15. Update terbaru,baru tdi sekitar jam 13.00 lbih dikit tgl 07/03/2018.
    Saya ambil uang di atm BCA ALFA EXPRESS JABABEKA 1,CIKARANG UTARA.SYA AMBIL UANG DENGAN NOMINAL 1500.000,tp uang yg keluar hanya 1400.000 kurang 1 lembar pecahan 100ribu.apa bisa kita komplen dan uang kembali,sedangkan kita tdak punya bukti struk,dan hanya uang saja yg ada.mksh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi BJ habibie untuk calon bidadari surga

LUPUS, Tokoh Fenomenal Di Jamannya - 10 Hal Yang Paling Khas Pada Lupus!

Terbiasa menghabiskan uang untuk beli kosmetik dan toiletriesmu??? SAATnya berubah sekarang!!